Kamis, 26 November 2015

Mengenal Sortcut keyboard dan fungsi - fungsi dalam Blender 3D




Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

Berikut Sortcut dan fungsi-fungsinya.

Fungsi Mouse :

·         Klik Kanan                  : Seleksi Objek
·         Scroll                           : Zoom in / Zoom Out
·         Klik Scroll seret mouse      : Melihat objek dari berbagai sudut

Fungsi Keyboard :

·         Tab                              : Menggati Mode
·         Ctrl + Tab                    : Mengganti Jenis Mode Mesh (Vertex, Edge, Face)
·         Ctrl + R                       : Menambah garis vertex
·         CTRL + ALT + Q       : membagi 4 layar

·         S (Scale)                      : Memberbesar Objek
·         S+X                             : memperbesar objek arah horizontal
·         S+Y                             : melebarkan objek searah sumbuh y
·         S+Z                             : memperbesar objek arah vertikal

·         R (rotate)                     : memutar obyek
·         R + X                          : memutar obyek pada sumbu x
·         R + Y                          : memutar obyek pada sumbu y
·         R + Z                           : memutar obyek pada sumbu z

·         A                                 : seleksi semua / menghilangkan seleksi
·         B                                 : Seleksi objek dengan mode kotak
·         C                                 : Seleksi Objek dengan mode bulat
·       Z                                  : Mengubah View Port Shading

Selain Itu ada beberapa istilah yang umumnya digunakan dalam membuat obyek 3D yaitu antara lain:

1.      Vertex                         : menyeleksi dari sisi sudut
2.      Edge                            : menyeleksi dari tepi garis
3.      Face                             : menyeleksi dari tengah titik
4.      Edit mode                   : mode yang digunakan untuk mengedit vertex, edge, dan face pada sebuah object
5.      Object mode               : mode object secara utuh.
6.      Render                                    : melihat hasil gambar.
7.      Material                       : untuk pewarnaan
8.      Texture                        : untuk menambahkan texture.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar